Jayapura (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua menyatakan persiapan logistik di Kabupaten Mamberamo Raya sudah 90 persen dimana tersisa penunjukan pihak ketiga dalam melakukan pengiriman surat suara ke tempat pemungutan suara (TPS).

Ketua KPU Papua Steve Dumbon, Kamis, mengatakan untuk itu pihaknya akan melakukan koordinasi lanjutan bersama pihak KPU di pusat mengenai kendala yang dimiliki oleh Kabupaten Mamberamo Raya.

“Kami KPU Provinsi Papua telah melakukan kunjungan ke Mamberamo Raya guna melihat langsung kendala yang dihadapi pada daerah tersebut,” katanya.

Menurut Steve, Kabupaten Mamberamo Raya mendapat perhatian khusus karena medan yang sulit termasuk dalam proses pengiriman logistik ke setiap TPS.

“Berdasarkan pantauan kami di lapangan untuk mendistribusikan logistik ke setiap TPS pada daerah setempat hanya menggunakan dua moda transportasi yakni jalur darat dan laut,” ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya akan terus memantau persiapan KPU menjelang pendistribusian logistik ke setiap TPS sehingga nantinya diharapkan dapat berjalan lancar.

“Kami terus melakukan pemantauan persiapan KPU di sembilan kabupaten kota sehingga harapan kami tidak ada lagi kasus keterlambatan logistik yang terjadi pada Pemilu 2019 lalu,” katanya lagi.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Mamberamo Raya Barnabas Dude mengatakan untuk wilayah kerjanya terdapat 147 TPS dengan delapan distrik yang tersebar di 60 kampung dimana terdapat 34 titik yang pendistribusian harus menggunakan transportasi udara sedangkan sisanya melalui jalur laut.

“Untuk itu pendistribusian menggunakan jalur laut dijadwalkan pada 11-12 Februari sedangkan lewat udara pada 13 Februari,” katanya.

Menurut Barnabas, secara umum semua sudah lengkap dan sangat siap hanya saja sementara pihaknya menunggu pergantian surat suara rusak yang kini dalam perjalanan sehingga paling cepat Sabtu (10/2) telah selesai dan penunjukan pihak ketiga dalam proses pendistribusian nanti.

Sebelumnya, Ketua dan Komisioner KPU Provinsi Papua melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Mamberamo Raya guna melihat kesiapan pada daerah tersebut menjelang Pemilu 2024 yang bertempat di Kantor KPU Kabupaten Mamberamo Raya pada Kamis (8/2).


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024