Jayapura (ANTARA) - PT Kantor Pos Cabang Jayapura, Papua, mulai menyalurkan bantuan sosial (bansos) kepada 25.980 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kota Jayapura.

Wakil Kepala Kantor Pos Cabang Jayapura Marvy Gomies di Jayapura, Kamis, mengatakan ada tiga jenis bantuan dari Kementerian Sosial pada 2024 yakni keluarga yang menerima bahan pokok dengan Program Keluarga Harapan (PKH) kemudian menerima bahan pokok saja dan ada juga yang menerima bantuan PKH.

"Keluarga yang menerima bantuan bahan pokok besarannya Rp200 ribu per bulan dan dibayarkan pada Januari 2024 sementara bagi keluarga program PKH anggarannya mulai dari Rp225 ribu hingga Rp3 juta yang dibayarkan pada pada triwulan pertama atau Januari-Maret 2024," katanya.

Penyerahan bantuan sosial Kemensos RI 2024 tahap I tersebut secara simbolis diserahkan oleh Penjabat Sekretaris Daerah Kota Jayapura Robby Awi di Kantor PT Pos setempat, Kamis.

Menurut Gomies, pihaknya akan mempercepat proses pembayaran bantuan sosial kepada KPM dengan memperbanyak titik pelayanan yaitu selain di halaman Kantor Pos Jayapura ada juga di kelurahan dan juga koramil yang tersebar pada lima distrik di Kota Jayapura.

"Karena batas waktu untuk pembayaran mulai 15-20 Februari 2024, sehingga kami akan memaksimalkan pembayaran hingga batas waktu yang ditentukan," ujarnya.

Sementara itu, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Jayapura Robby Awi mengatakan pihaknya berharap dengan adanya bantuan dari Kementerian Sosial dapat meringankan kebutuhan dari setiap keluarga penerima.

"Karena, bantuan tersebut merupakan bagian yang terpenting untuk menekan inflasi di daerah dan juga mengatasi kemiskinan ekstrem di Kota Jayapura," katanya.
 

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024