Timika (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Provinsi Papua Tengah, mengajak seluruh masyarakat di daerah itu untuk peduli terhadap penanganan sampah plastik.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mimika, Frans Kambu di Timika, Minggu, mengatakan pihaknya berkomitmen dalam mendorong kepedulian masyarakat dalam menyikapi permasalahan sampah plastik di daerah ini.

"Kami berharap masyarakat semakin baik dalam mengelola sampah plastik dan mampu meningkatkan kepedulian serta komitmen bersama untuk menangani persoalan sampah dengan baik," katanya.

PIhaknya  berharap momentum peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024 dapat mendorong masyarakat lebih peduli dalam mengelola sampah.

"Tema HPSN 2024 yakni Atasi Sampah Plastik Dengan Cara Produktif bertujuan mendorong pengelolaan sampah yang komprehensif dari hulu ke hilir," ujarnya.

Dia menjelaskan penangan sampah membutuhkan komitmen bersama yang kuat agar memberikan manfaat bagi masyarakat serta berdampak aman pada lingkungan.

"Persoalan sampah membutuhkan atensi dan komitmen bersama dari seluruh masyarakat, sampah juga jika dikelola dengan baik akan berdampak ekonomis," kata Frans Kambu.

Manager Enviromental Centeal System And Project Department PT Freeport Indonesia (PTFI) Pratita Puradyatmika menambahkan kerja sama pengolahan sampah antara pihaknya dan Pemkab Mimika telah berlangsung dari tahun ke tahun sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat daerah ini.

"Kami di Timika memiliki curah hujan yang cukup tinggi. Untuk itu mulai sekarang setop menumpuk sampah serta memilah sampah sesuai perannya, sehingga dapat dimanfaatkan," kata Pratita.

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024