Sentani (ANTARA) - Fakultas Ilmu Komputer dan Manajemen (Fikom) Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ) menyatakan selama sebulan mahasiswa melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Jayapura memperoleh banyak pengalaman dan ilmu.

Sebanyak enam mahasiswa Fikom USTJ melaksanakan PKL di Diskominfo Kabupaten Jayapura selama sebulan dan telah selesai dan ditarik pada Selasa (20/2) 2024.

Ketua Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer dan Manajemen Widodo pengalaman yang diperoleh pada Diskominfo Kabupaten Jayapura kiranya akan bermanfaat di kemudian hari.

“Pengalaman ini sangat berharga kepada adik-adik kita di masa yang akan datang, mereka juga mengetahui bagaimana cara kerja di dunia nyata,” katanya.

Menurut Widodo, tidak terasa sudah satu bulan sejak dititipkan mahasiswa untuk PKL di Diskominfo dan saat ini waktunya untuk penarikan.

“Kami berterima kasih atas bimbingan dan didikan yang diberikan kepada mahasiswa selama mereka menjalani proses PKL di sini dan semua tugas yang diberikan dan motivasi dalam bekerja di instansi menjadi bekal berharga bagi masa depan mereka,” ujarnya.

Dia menjelaskan dari PKL ini mahasiswa dapat mengambil makna dan manfaat yang telah mereka dapatkan untuk kebutuhan dan pengalaman mereka di masa depan.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon mengatakan Fikom USTJ setiap tahunnya selalu mempercayakan Diskominfo Kabupaten Jayapura sebagai sarana dan tempat untuk mahasiswa menimba ilmu.

“Kami sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan perguruan tinggi, baik dalam hal praktik lapangan maupun penelitian,” katanya.

Dia menambahkan waktu sebulan terasa cepat sehingga ke depan waktu PKL bisa diperpanjang menjadi enam bulan.

“Sebaiknya, proses magang atau praktik ini diperpanjang menjadi enam bulan untuk memberikan pengalaman yang lebih mendalam,” ujarnya.

Diskominfo Kabupaten Jayapura terbuka baik untuk perguruan tinggi maupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ingin PKL, sehingga ini peluang bagus dalam pengembangan kemampuan teknologi informasi.


 

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024