Jayapura (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Jayapura, Papua, mengimbau warga untuk mengonsumsi pangan lokal sebagai upaya menjaga ketahanan pangan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Jayapura Jean Rollo di Jayapura, Rabu, mengatakan dengan mengonsumsi pangan lokal seperti sagu dan umbi-umbian, berarti kebutuhan masyarakat tidak tergantung pada beras sebagai makanan pokok.

"Pangan lokal melimpah namun pemanfaatan masih kurang sebab sebagian besar masyarakat di Kota Jayapura masih memilih beras," katanya.

Menurut Rollo, selain melestarikan pangan lokal dan meningkatkan ketahanan pangan juga dapat meningkatkan produksi pangan non beras sekaligus meningkatkan pendapatan para petani di daerah itu.

"Pangan lokal juga memiliki banyak manfaat yang dibutuhkan tubuh manusia sehingga kami harap kalau bisa setiap hari ada menu dari pangan lokal yang disiapkan," ujarnya.

Dia menjelaskan, pihaknya rutin mengkampanyekan kandungan gizi yang ada pada pangan lokal karena itu sangat menyehatkan bagi tubuh manusia.

"Untuk itu kami juga terus mengembangkan potensi pangan lokal di Kota Jayapura karena selain dikonsumsi pangan lokal juga bisa diolah menjadi kuliner lainnya," katanya.

Dia menambahkan statistik konsumsi beras di Kota Jayapura per tahun mencapai 120 kilogram sementara konsumsi pangan lokal masih sangat minim atau 25 persen per tahun.

"Dengan demikian kami harap supaya seluruh warga dapat memanfaatkan hasil dari pangan lokal yang dihasilkan oleh para petani di daerah itu," ujarnya.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024