Timika (ANTARA) - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah membina peternak telur Omega 3 yang pertama di Papua dengan hasil telah masuk pasaran di daerah ini.

Kepala DPKH Kabupaten Mimika Sabelina Fitriani di Timika, Rabu (21/2), mengatakan setiap hari kelompok ternak ayam binaannya dapat menghasilkan 2.200 telur ayam Omega 3.

"Saat ini memasuki minggu pertama panen perdana telur ayam Omega 3 dari peternak binaan kita, sehari saja bisa menghasilkan 220 mika dengan jumlah 10 butir telur dalam satu mika," katanya.

Ia memberi apresiasi kepada para peternak telur ayam Omega 3 yang dengan telaten menjalankan usaha peternakan telur itu sehingga memperoleh hasil yang memuaskan.

"Kami dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Mimika memberikan dukungan bagi peternak karena telur Omega 3 ini sangat baik untuk kesehatan dan belum ada yang menjalankan usaha ini, sehingga ini menjadi peluang ekonomi yang sangat baik," ujarnya.

Pihaknya juga berkomitmen membina peternak ayam orang asli Papua (OAP) untuk mencoba mengembangkan telur Omega 3 agar lebih berdampak baik secara ekonomis.

"Kami memiliki peternak ayam binaan OAP tetapi untuk telur Omega 3 baru kami coba di kelompok binaan Pertama Farm Timika, kita akan bina juga bagi AOP juga," katanya.

Dia berharap dengan meningkat jumlah produksi telur Omega 3 dapat didistribusikan kepada daerah sekitar Kabupaten Mimika.

"Kabupaten Mimika ini kan menjadi daerah menyanggah pangan juga bagi wilayah lain, jadi dengan adanya produksi telur ayam Omega 3 ini kami harap dapat menjangkau pasaran ke kabupaten sekitar," ujarnya.

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024