Jayapura (ANTARA) - Direktur Utama PT Air Minum Jayapura Entis Sutisna menargetkan pemasangan pipa baru kepada 2.100 pelanggan baru
 
Perusahaannya selaku pengelola air bersih di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura mendapat bantuan untuk penambahan pemasangan baru, namun seluruhnya untuk melayani Distrik Muara Tami.
 
Pemasangan pipa air bersih untuk 2.100 diberikan kepada warga yang ada di wilayah Koya Barat, Koya Timur dan sekitarnya, kata Dirut PT Air Minum Jayapura Entis Sutisna, Kamis, di Jayapura.
 
Dijelaskan, pembangunan pipanisasi untuk melayani 2.100 pelanggan itu menggunakan dana APBN yang dimulai sejak tahun 2023.
 
Di tahun 2023 ditarget pemasangan bagi 400 pelanggan dan sisanya dikerjakan tahun 2024.
 
Sumber air bersih yang digunakan untuk melayani ke 2.100 pelanggan berasal dari sumber air Teifun yang berada di Koya Koso, memiliki debit air sebesar 65 liter per detik.
 
Saat ini berbagai sarana penunjang sedang dibangun termasuk termasuk pemasangan alat pengelola sodium hypochlorite sehingga air yang disalurkan ke rumah warga bersih sesuai dengan Peraturan Menkes tahun 2017 tentang baku mutu air.
 
Namun, air yang disalurkan melalui PT Air Minum Jayapura tidak bisa langsung dikonsumsi sehingga harus dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, kata Dirut PT Air Minum Jayapura Entis Sutisna.*

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024