Biak (ANTARA) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan piala Adipura 2023 ketujuh sebagai kota kecil terbersih untuk Kabupaten Biak Numfor, Papua, yang berlangsung di Jakarta, Selasa.

Penyerahan piala Adipura itu dilakukan Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong  dan disaksikan Wapres Ma'ruf Amin dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar kepada perwakilan kabupaten/kota, salah satunya Wakil Bupati (Wabup)  Biak Numfor Calvin Mansnembra.

"Piala Adipura ketujuh untuk Biak Numfor sudah diterima Wabup Calvin Mansnembra di Jakarta," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Biak Numfor Iwan Ismulyanto melalui keterangan tertulis di Biak, Selasa.

Ia mengatakan keberhasilan Kabupaten Biak Numfor meraih Adipura ketujuh dengan predikat Kota Kecil Terbersih menjadi kebanggaan untuk masyarakat dan Pemkab Biak Numfor.

Keberhasilan merebut kembali Adipura ketujuh, kata dia, tidak terlepas dukungan Bupati Herry Ario Naap dan Wabup Calvin Mansnembra serta Plt Sekda Biak ZL Mailoa.

Setiap hari, lanjutnya,  dikerahkan ratusan petugas kebersihan membersihkan jalan raya dan permukiman warga Biak.

Pihak Dinas Lingkungan Hidup Biak menyediakan kurang lebih 30 sampai 40-an bak kontainer penampung sampah disebar di kota Biak untuk menampung limbah sampah rumah tangga dan pasar.

KLHK juga memberikan penghargaan Adipura kepada 106 kabupaten/kota yang mampu memberikan kinerja pengelolaan lingkungan hidup perkotaan yang baik pada 2023.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024