Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 500 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Jayapura telah dilibatkan dalam ajang Baku Timbah Fest yang digelar oleh Octow Entertainment sejak Januari 2023.

Penjabat Sekretaris Daerah Kota Jayapura Robby Awi di Jayapura, Senin, mengatakan dengan adanya ajang tersebut sangat mendukung UMKM di daerah itu dalam mempromosikan produk yang dihasilkan tetapi juga menumbuhkan pelaku usaha.

"Sehingga kami memberikan apresiasi kepada Octo Entertainment yang terus menyelenggarakan ajang Baku Timbah Fest dan kami harap ini terus berlanjut," katanya.

Menurut Awi, melalui ajang itu juga tentu dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Jayapura selama ini.

Dia menjelaskan Pemkot Jayapura terus membuka ruang bagi semua pihak yang ingin melaksanakan festival kuliner sehingga UMKM dapat memanfaatkannya guna mengembangkan potensi dan meningkatkan pendapatan.

Pemilik Octow Entertainment Octovianus Warobay mengatakan saat ini sudah 14 kali pihaknya menyelenggarakan ajang Baku Timbah Fest di mana perputaran uang selama pelaksanaan iven itu telah mencapai hampir Rp30 miliar.

"Sejak pertama kali digelar pada Januari 2023 hanya ada 16 UMKM yang ikut namun seiring berjalan waktu sudah sebanyak 500 pelaku UMKM yang terlibat dalam Baku Timbah Fest baik UMKM di Kabupaten maupun Kota Jayapura," katanya.

Menurut Warobay, pada ajang ke 14 kali atau Baku Timbah Fest musim Ramadhan 2024 dilaksanakan pada 1-17 Maret 2024 namun dalam 10 hari perputaran uang dalam ajang kalian ini sudah mencapai Rp1,3 miliar.

Dia menambahkan Baku Timbah Fest sebagai upaya pihak untuk merangkul pelaku UMKM khususnya kuliner untuk terus mengembangkan potensi tetapi juga meningkatkan pendapatan demi mewujudkan kesejahteraan keluarga.
 

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024