Timika (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah terus membenahi 109 satuan pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang tersebar pada daerah setempat.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika Marten Kanna di Timika, Rabu, mengatakan 109 satuan pendidikan tersebut tersebar pada 18 distrik, mulai dari wilayah perkotaan, pesisir hingga pegunungan.

“Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika 2025 dengan total anggaran sebesar Rp1.394.168.238.634 katanya," katanya.

Menurut Marten, dari 109 satuan pendidikan TK dan PAUD ini terbagi atas 21 berstatus negeri dan 88 sekolah swasta dan tersebar pada 18 distrik di Kabupaten Mimika.

“Total keseluruhan peserta didik pada jenjang TK dan PAUD di Kabupaten Mimika yakni sebanyak 5.475 siswa,” ujarnya.

Jumlah peserta didik pada satuan pendidikan TK dan PAUD negeri yakni 1.498 siswa, sedangkan untuk swasta berjumlah 3.977, jadi totalnya ada 5.475 siswa.

“Jumlah peserta didik pada satuan pendidikan TK swasta lebih dominan dari siswa negeri jika melihat dari jumlah yang telah kami sebutkan yakni 3.977 siswa,” kataya lagi.

Dia menambahkan pihaknya melakukan kerja sama dengan Universitas Negeri Malang guna meningkatkan kapasitas sumber daya manusia tenaga kependidikan pada jenjang TK dan PAUD.

“Bagi kami tidak ada anak yang bodoh, tetapi anak harus dididik oleh orang yang tepat makanya kami jalin kerja sama dengan Universitas Negeri Malang guna meningkatkan kapasitas guru-guru kita pelalui pelatihan," ujarnya lagi.


Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024