Biak (ANTARA) - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Biak Numfor, Papua menyiagakan tiga lumbung sosial pangan untuk mempermudah bantuan bahan makanan kepada masyarakat di saat terjadi bencana alam.

"Tiga lumbung sosial yang disiapkan tersebar di kantor Klasis GKI Biak Selatan, Klasis GKI Biak Utara dan Kepulauan Aimando/Padaido," ujar Kepala Dinas Sosial Biak Numfor Ferry Betay di Biak, Minggu.

Diakui Ferry, adanya lumbung sosial ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk menjangkau bantuan dengan cepat sehingga kebutuhan bahan pokok tercukupi jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam.

Ferry mengatakan, keberadaan tiga lumbung sosial ini merupakan sebuah program yang memberikan pelayanan kepada masyarakat agar lebih dekat.

Di Tahun 2024, lanjut dia, sudah jalan lumbung sosial sehingga jika terjadi bencana maka kebutuhan dasar para penyintas bencana dapat segera terpenuhi dan diantisipasi.

Ferry mengatakan, tiga lokasi lumbung sosial sangat strategis karena menjangkau seluruh 257 kampung dan 14 kelurahan serta 19 distrik.

Ia berharap, melalui penyediaan tiga lumbung sosial bisa mempercepat bantuan bahan pokok untuk warga saat terjadi bencana.

Untuk mendukung tugas lumbung sosial Kementerian Sosial, menurut Ferry, pihak Dinas Sosial menggandeng lembaga keagamaan gereja, TNI/Polri, mitra kerja penanganan bencana BPBD, Basarnas,BMKG dan Perum Bulog.

"Kami juga melibatkan para pemangku kepentingan terkait di Kabupaten Biak Numfor untuk mendukung tugas lumbung sosial di daerah," katanya.

Wilayah Kabupaten Biak Numfor merupakan daerah kepulauan di samudera Pasifik yang masuk kawasan rawan bencana.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024