Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua, bekerja sama dengan PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Jayapura untuk meningkatkan pelayanan listrik kepada warga.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura Hana S Hikoyabi di Sentani, Rabu, mengatakan melalui kerja sama itu akan ada keringanan biaya awal pemasangan jaringan listrik supaya tidak memberatkan warga.

“Kami hanya ingin PLN bisa memberikan keringanan biaya pemasangan kepada warga di Kabupaten Jayapura,” katanya.

Menurut Sekda Hana, masih banyak warganya di kampung-kampung yang belum memiliki jaringan listrik sehingga menjadi perhatian pihaknya ketika melakukan kunjungan ke lapangan.

“Berapa warga yang belum memiliki jaringan listrik, masih didata oleh Dinas Pertanahan Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DP2KP), jika sudah ada hasilnya segera diserahkan ke PLN,” ujarnya.

Dia menjelaskan tanpa listrik akan menghambat warga  dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

“Kita tahu banyak manfaat yang diperoleh dari listrik seperti memudahkan warga berjualan dan anak-anak dapat belajar dengan tenang karena memiliki penerangan,” katanya.

Dia menambahkan masyarakat juga harus ingat kewajiban dan hak ketika rumah telah dipasang jaringan listrik dengan membeli pulsa listrik (token) atau membayar iuran listrik setiap bulan.

Sementara itu Kepala PT PLN UP3 Jayapura Yakomina MW Senandi mengatakan pihaknya merasa senang dengan  dukungan pemerintah daerah dalam ketersediaan jaringan listrik kepada warga.

“Kami menunggu titik-titik atau rumah warga di kampung mana yang ingin rumahnya dipasang listrik, nanti pemerintah daerah memberikan informasi dan PLN siap membantu,” ujarnya.


Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024