Jayapura (ANTARA) - Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI Dedi Hardono melakukan panen cabai rawit dan ikan mujair di lahan milik anggota TNI di Koya Timur, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura.

Panen yang dilakukan di areal 1,5 hektare dalam rangka program ketahanan pangan di wilayah Kodim 1701/Jayapura.

Danrem 172/PWY Brigjen TNI Dedi Hardono dalam keterangan tertulisnya, Kamis menyatakan apresiasinya kepada Sertu Rusdiono yang merupakan anggota Babinsa Kodim 1701/Jayapura karena telah menunjukkan inisiatif dengan memanfaatkan lahan kosong miliknya untuk menanam cabai rawit dan budidaya ikan mujair.

Kegiatan tersebut tidak saja mendukung ketahanan pangan nasional, tetapi juga memberikan contoh yang bagi masyarakat sekitar.

Selain itu juga menjadi motivasi untuk kita semuanya karena memanfaatkan lahan semaksimal mungkin.

Program ketahanan pangan merupakan salah satu program prioritas KASAD, dimana setiap satuan harus memanfaatkan lahan yang ada untuk sebagai lahan ketahanan pangan.

KASAD memerintahkan agar TNI AD menyatu dengan alam, yang salah satu implementasinya melalui ketahanan pangan karena tidak saja meningkatkan ketersediaan pangan, tetapi juga memperkuat ketahanan pangan di tingkat lokal, kata Brigjen TNI Dedi Hardono.

Pemilik lahan Sertu Rusdiono mengaku bila dirinya telah menggeluti usaha pertanian cabai rawit dan budidaya ikan air tawar sejak tahun 2015.

“Alhamdulillah sekarang kami bisa memenuhi kebutuhan masyarakat lokal maupun luar daerah dan terima kasih atas kunjungan Danrem 172/PWY yang akan menjadi motivasi kedepannya,” kata Sertu Rusdiono.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024