Timika (ANTARA) - Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, menggelar bazar bahan makanan pokok dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 yang diselenggarakan di Kodim 1710-02/Timika.

Komandan Lanud (Danlanud) Yohanis Kapiyau Timika Letkol Pnb Kamto Adi Saputra di Timika, Selasa, mengatakan penyelenggara bazar yakni semua satuan diantaranya TNI AU, TNI AD, dan TNI AL.

"Memang tujuan menyelenggarakan bazar ini sesuai perintah pimpinan TNI, bahwa kami harus mendukung perputaran bahan pokok di masyarakat sekitar," katanya.

Selain itu, kata dia, sesuai juga dengan delapan wajib TNI dan Sapta marga bahwa harus mengatasi kesulitan-kesulitan rakyat di sekeliling, maka perintah pimpinan yakni melaksanakan bazar TNI menyambut hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Bahan-bahan yang dijual ini merupakan bahan-bahan pokok seperti beras, tepung, minyak sayur, gula, kopi, dan teh, serta bahan-bahan lain tambahan yang sekiranya memang menjadi kebutuhan pokok dari masyarakat," ujarnya.

Dia menjelaskan dari segi harga sangat murah jika dibandingkan dengan harga normal di pasar. Dengan demikian diharapkan kegiatan itu dapat membantu masyarakat mempersiapkan kebutuhan menyambut Idul Fitri. 

"Kalau bahan-bahannya disediakan dari koperasi tiap instansi yang bekerja sama dengan kenalan distributor dan mereka dengan senang sekali membantu jalannya bazar ini," katanya. 

Ia menggatakan bazar tersebut merupakan bazar gabungan yang sebelum-sebelumnya juga diselenggarakan oleh satuan-satuan dari tiap instansi. "Misalnya beberapa waktu lalu telah dibuat juga oleh Lanal Timika, Lanud Timika, Kodim, juga Koramil serta Batalion dan Detasemen Angkatan Darat," ujarnya.

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024