Sentani (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jayapura memastikan pelayanan kesehatan di puskesmas maupun RSUD Yowari tetap buka selama libur Lebaran 2024.

Pelayanan kesehatan tetap dibuka selama libur Lebaran pada 8-15 April 2024 dengan mengacu pada Surat Edaran (SE) Dinkes Kabupaten Jayapura Nomor 440/431/2024 yang ditandatangani oleh Kepala Dinkes Kabupaten Jayapura Khairul Lie.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura Edward Sihotang di Sentani, Selasa, mengatakan untuk menyiasati pelayanan kesehatan tetap buka pada libur dan cuti bersama sesuai surat edaran maka pihaknya juga mengeluarkan surat edaran pendukung.

“Surat edaran pendukung itu bertujuan untuk pelayanan kesehatan tetap buka pada hari libur dan cuti bersama pada hari raya Lebaran,” katanya.

Menurut Edward, dalam SE Dinkes Kabupaten Jayapura bahwa seluruh puskesmas tetap menjalankan pelayanan upaya kesehatan perorangan (UKP) dalam gedung puskesmas.

“Terutama difokuskan di puskesmas ialah pelayanan poliklinik itu harus tetap berjalan, sedangkan tepat pada hari raya Idul Fitri pelayanan poliklinik libur sedangkan unit gawat darurat (UGD) puskesmas tetap dibuka,” ujarnya.

Dia menjelaskan UGD selama libur dan cuti bersama maka tidak hanya melayani pasien gawat darurat, tetapi juga pelayanan lain yang biasa diperoleh di poliklinik dapat dilayani.

“Selama 8-15 April 2024 pelayanan kesehatan tetap buka di puskesmas dengan pembagian tugas yang dilakukan oleh kepala puskesmas sehingga masyarakat yang ingin memperoleh pelayanan medis dapat terlayani,” katanya.

Dia menambahkan ambulans di seluruh puskesmas tetap bersiap atau siaga baik itu ambulans air (spead boat) maupun darat (kendaraan roda empat) untuk mengantisipasi kasus gawar darurat yang kapan saja dapat terjadi.

“Ambulans air dan ambulans darat harus bersiap ketika ada masyarakat yang memerlukan bantuan rujuk ke rumah sakit maka kendaraan sudah siap, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dengan pelayanan kesehatan di Kabupaten Jayapura selama cuti dan libur Lebaran,” ujarnya.


Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024