Sentani (ANTARA) - Kementerian Sosial (Kemensos) RI melalui Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Jayapura Regional VI Papua memberikan bantuan asistensi rehabilitasi sosial (Atensi) kepada 100 orang tua lanjut usia (Lansia) di Kabupaten Jayapura.

Pemberian bantuan asisten rehabilitasi sosial dalam rangka Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-28 sekaligus merayakan Hari Ulang Tahun Tagana ke-20 yang diterima 100 penerima manfaat Lansia Kabupaten Jayapura sebesar Rp360 juta, dan kegiatan ini berlangsung di GOR Sekolah Tinggi Theologia (SST) GIDI Sentani, Rabu.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jayapura Arry R Deda di Sentani, Rabu mengatakan bantuan ini sebagai bentuk penghargaan kepada orang tua lanjut usia atau lansia di Papua khususnya Kabupaten Jayapura.

“Bantuan Bapok dan pengobatan gratis ini kiranya membantu para orang tua ini mendapatkan dukungan moril dan bagaimana pemerintah sangat memperhatikan mereka,” katanya.

Menurut Arry, tema yang diusung pada Hari Lansia Nasional ke-28 2024 yakni ‘Lansia Terawat Indonesia Bermartabat’.

“Negara ini mau menunjukkan ke dunia internasional bahwa betapa berharganya para orang tua atau mereka yang sudah lanjut usia (lansia) di Indonesia yang benar-benar diperhatikan, dan itu terbukti dengan hadirnya Panti Bina Usia Lanjut Jayapura,” ujarnya.

Dia menjelaskan saat ini penghuni Panti Bina Usia Lanjut Jayapura menampung 46 para orang tua di tempat tersebut.

“Meskipun pengelolaannya tidak berada di bawah Dinas Sosial Kabupaten Jayapura, tetapi langsung di bawah Dinas Sosial Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Papua tetapi kami tetap sering turun untuk mengecek perkembangan para lansia di Panti Bina Usia Lanjut,” katanya.

Dia menambahkan Kemensos RI melalui BBPPKS Jayapura Wilayah VI Papua selain memberikan Bapok dan pengobatan gratis, tetapi juga memberikan perlengkapan tidur yang layak, kewirausahaan dan aksesibilitas.

“Sebagai pemerintah daerah kami menyampaikan terima kasih atas kesempatan dan perhatian yang diberikan Kemensos RI untuk para lansia di Kabupaten Jayapura mendapatkan perhatian dengan bantuan di Hari Lansia Nasional ke-28 tahun ini,” ujarnya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemensos RI beri bantuan asistensi rehabilitasi ke 100 Lansia Jayapura

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024