Jayapura (ANTARA) -
PT Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku memberikan apresiasi kepada dua petugas yang berhasil memadamkan kebakaran di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Kotaraja pada Senin (10/6) sekitar pukul 13.28 Waktu Indonesia Timur (WIT).
 
Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku Edi Mangun di Jayapura, Jumat, mengatakan pada saat itu salah satu pelanggan tengah melakukan pengisian BBM jenis Pertalite. Percikan api keluar dari sepeda motor pelanggan dan dengan sigap dua karyawan SPBU tersebut melakukan pemadaman menggunakan apar.
 
"Terjadinya percikan api dikarenakan kondisi kendaraan roda dua yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga tidak standar dengan begitu ketika melakukan pengisi berpotensi terjadi kebakaran," katanya.
 
Menurut Edi, beruntung kejadian tersebut tidak menimbulkan korban maupun kerusakan di sekitar SPBU dan juga pelanggan yang sedang mengantre BBM saat itu.
 
"Penyebab kebakaran diduga berasal dari percikan listrik statis karena pembeli tersebut menggoyang-goyangkan tangki motornya," ujarnya.
 
Untuk itu pihaknya mengimbau dan mengedukasi masyarakat agar tidak menggoyang-goyang kendaraannya saat mengisi BBM.
 
"Untuk itu semua pengguna kendaraan harus berhati-hati terutama saat melakukan pengisian BBM di setiap SPBU agar tidak terjadi hal-hal mencelakai orang lain," katanya.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024