Sentani (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Jayapura bersama komunitas lingkungan menanam sagu di kawasan penyangga cagar alam pegunungan (CAP) Cycloop.

Penanaman dilakukan Polres Jayapura bersama CPA Hirosi dalam memperingati Hari Sagu dan menyambut peringatan HUT Bhayangkara ke-78 2024 di Kampung Sabron Yaru Distrik Sentani Barat Kabupaten Jayapura Provinsii Papua, di Sentani, Sabtu.

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus WA Maclarimboen mengatakan Polri sangat konsisten dalam mendukung perlindungan lingkungan di kawasan penyangga CAP Cycloop.

"Kami sangat konsisten dimana setiap pasangan yang akan menikah dinas melalui Badan Pembantu Penasehat Perkawinan Perceraian dan Rujuk (BP4R) diwajibkan menanam satu pohon sebagai simbol keseriusan Polri dalam menyelamatkan lingkungan," katanya.

Menurut Kapolres, penanaman saat ini dikhususkan kepada pohon sagu, selain membatu menjaga kelestarian lingkungan juga membantu melestarikan sumber makanan pokok bagi masyarakat Papua Kabupaten Jayapura.

"Sagu itu mempunyai fungsi sangat banyak di antaranya sebagai sumber pangan, dan akarnya membantu menyimpan cadangan air untuk keberlangsungan manusia dan makhluk hidup lainnya," ujarnya.

Sementara itu Ketua CPA Hirosi Marshall Suebu memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Polres Jayapura yang mendukung upaya penyelamatan lingkungan di kawasan penyangga CAP Cycloop.

"Kami sebagai organisasi pecinta lingkungan Kabupaten Jayapura sangat terharu terhadap dedikasi dan keseriusan dari Pak Kapolres Jayapura (AKBP Fredrickus WA Maclarimboen) yang serius dalam perlindungan hutan dan penyelamatan pohon sagu," katanya.

Dia menjelaskan habitat sagu saat ini sudah mulai terancam dengan aktivitas pembangunan yang dilakukan tanpa melihat dampak lingkungan yang akan terjadi.

"Kami mengajak semua pihak untuk mulai sadar terhadap keberlangsungan sagu, karena tanaman ini merupakan simbol orang asli Papua dan juga sumber makanan alami yang telah diwariskan turun-temurun," ujarnya.

Dalam kegiatan itu Polres Jayapura dan CPA Hirosi menanam 78 pohon sagu di kawasan penyangga CAP Cycloop dan kegiatan ini akan terus berlanjut kepada setiap pasangan anggota Polres Jayapura yang akan melangsungkan pernikahan dinas.

CPA Hirosi memberikan piagam penghargaan kepada Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus WA Maclarimboen yang begitu serius membantu kelestarian lingkungan dan menjaga keberlangsungan pohon sagu di Kabupaten Jayapura.

 

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024