Timika (ANTARA) - Satuan Tugas Komando Operasi (Satgas Koops) TNI Habema mengatakan prajurit TNI wajib memanfaatkan waktu penugasan dengan mengisi hal-hal positif yang berdampak bagi masyarakat pada wilayah Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan.

"Saya menitipkan pesan bagi prajurit agar senantiasa melaksanakan tugas patroli dan memanfaatkan waktu penugasan untuk hal positif, bukan sekedar bertugas," kata Dansatgas Yonif 6 Marinir Letkol Mar Rismanto Manurung dalam keterangan di Timika, Senin.

Menurut Rismanto, pesan tersebut ditanggapi dengan sigap oleh para prajurit dengan melakukan inisiatif dan kreativitas dalam bentuk komunikasi sosial dan membagikan kue bagi masyarakat yang dijumpai.

"Sudah menjadi kewajiban dari prajurit untuk menjaga keamanan wilayah dengan melakukan patroli rutin, dan disela-sela itu mereka berbagi kue dengan masyarakat," ujarnya.

Dia mengatakan bahwa Satgas Yonif 6 Marinir yang secara aktif melakukan tugas operasi pengamanan perbatasan (Opspamtas) mobil RI-PNG melakukan patroli di Kampung Kauserama sekaligus membagi-bagikan makanan berupa kue ke masyarakat setempat.

Dia menjelaskan selain membagikan kue, juga para prajurit menikmatinya bersama-sama dengan masyarakat, sehingga terjalin komunikasi sosial yang harmonis.

"Komunikasi yang baik akan menciptakan situasi keamanan dan kedamaian di wilayah tugas, maka prajurit selalu rutin membangun komunikasi sosial dengan masyarakat," katanya lagi.

Panglima Koops Habema Brigjen TNI Lucky Avianto menambahkan, kreativitas prajurit Satgas Yonif 6 Marinir ini, merupakan bentuk upaya menjaga keamanan wilayah Papua yang kondusif.

"Prajurit wajib menciptakan dan menjaga situasi keamanan yang kondusif pada wilayah tugas, seperti yang dilakukan oleh Satgas Yonif 6 Marinir di Dekai," katanya.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Koops TNI Habema: Prajurit wajib manfaatkan waktu untuk hal positif

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024