Biak (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) memberikan pelatihan peningkatan kapasitas sumber daya manusia orang asli Papua (OAP) pengelola sektor pariwisata di Kabupaten Biak Numfor.

"Pemprov Papua mengajak warga lokal OAP dapat kelola potensi pariwisata Biak Numfor untuk memberikan manfaat ekonomi bagi keluarga," pesan Penjabat Gubernur Papua Ridwan Rumasukun pada sambutan dibacakan Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah ZL Mailoa di Biak, Senin.

Ia berharap, melalui pelatihan peningkatan kapasitas pelaku usaha ekonomi kreatif kepariwisataan di Biak bisa memberikan manfaat keterampilan dan pengetahuan.

Diakuinya, Biak merupakan daerah di Provinsi Papua yang mempunyai banyak keindahan alam, budaya daerah dan wisata sejarah yang menjanjikan.

Warga lokal OAP, menurut Ridwan, dapat membaca peluang untuk mengelola sektor ekonomi kreatif dimiliki masyarakat adat di kampung.

Berbagai sektor pariwisata dimiliki Biak, lanjut dia, akan dapat memberikan manfaat secara ekonomi ke berbagai masyarakat OAP di ratusan kampung dan kelurahan.

"Harapan Pemprov Papua dengan kekayaan alam pulau Biak supaya dapat diolah dengan baik supaya memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat setempat," kata Pj Gubernur Papua Ridwan Rumasukun.

Ia mengajak peserta pelatihan peningkatan kapasitas pelaku ekonomi kreatif dapat mengelola sumber daya alam Biak dengan optimal.

"Sehingga melalui pelatihan kapasitas SDM orang asli Papua dapat menjadikan sumber ekonomi baru bersama keluarga," katanya.

Pelatihan pelaku usaha ekonomi kreatif bagi pengusaha OAP berlangsung 8-10 Juli 2024 dan diikuti 50 peserta.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024