Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melepas 192 para pencari kerja guna mengikuti program magang di berbagai perusahaan yang ada tu di Bumi Cenderawasih.

Pelaksanaan program magang dibuka Penjabat (Pj) Sekda Papua Derek Hegemur di Balai Latihan Kerja dan Industri Papua, Rabu. Ia mengatakan dengan terbukanya pasar kerja global saat ini membuat semakin ketatnya persaingan tenaga kerja dalam memperebutkan pasar kerja yang ada.

“Oleh karena itu para pencari kerja di Provinsi Papua juga harus mulai meningkatkan kompetensi dan keterampilan agar lebih mudah terserap,” katanya.

Menurut Derek, dalam penyiapan tenaga kerja yang kompeten dapat dilakukan melalui tiga hal yakni ketersediaan standar, pelatihan berbasis dan sertifikasi kompetensi.

“Untuk itu program tersebut kami nilai sangat penting dilakukan agar mampu meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM), wawasan, keterampilan para pencari kerja di Papua,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Papua Aryoko Rumaropen mengatakan program tersebut akan berlangsung selama lima bulan, dimana mereka magang ke perusahaan sesuai keahlian yang dilatih, seperti komputer, perhotelan, dan lainnya.

“Peningkatan kompetensi bagi para pencari kerja ini sangat penting karena berdampak pula pada pertumbuhan ekonomi daerah,” katanya.

Apalagi, lanjutnya, Papua saat ini memfokuskan pembangunan ekonomi biru dan ekonomi hijau yang diantaranya didukung sektor jasa.

"Pada sektor jasa juga jadi pendukung utama terkait dengan tenaga kerja yang mampu mendukung pengembangan ekonomi produktif," ujarnya.


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024