Jayapura (ANTARA) - Penjabat Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun menyerahkan Very Small Aperture Terminal (VSAT) kepada Pemerintah Kabupaten Mamberamo Raya guna mempercepat akses internet di wilayah setempat.

“Penyerahan VSAT ini dilakukan pada empat lokasi di Kabupaten Mamberamo Raya yang mana nantinya dapat mendukung penyediaan internet pada wilayah tersebut,” katanya di Jayapura, Jumat.

Ia memberikan apresiasi atas inisiatif Dinas Kominfo Papua yang mendorong penyediaan VSAT untuk membantu masyarakat mendapatkan layanan internet di area terpasang.

Sebanyak empat unit VSAT berbagai publik tersebut disebar di empat lokasi, yakni SMK Negeri 1 Burmeso, Pustu Bormeso, SMP Negeri 1 Kasonaweja, dan Puskesmas Trimuris.

Dia menjelaskan hal yang penting yakni pemeliharaan dan penggunaan VSAT oleh pemkab setempat agar layanan internet bisa terus berjalan di empat lokasi tersebut.

“Sehingga saya minta agar Pemkab Mamberamo Raya memberikan perhatian agar VSAT ini bisa digunakan oleh seluruh masyarakat setempat,” katanya.

Pada kesempatan itu, ia juga meminta masyarakat untuk bersama-sama menjaga fasilitas VSAT tersebut agar dapat terus bermanfaat bagi semua pihak.

Kepala Dinas Kominfo Papua Jeri A Yudianto mengatakan setiap VSAT nantinya memiliki kapasitas 6 Mbps ditambah perangkat pendukung meliputi akses point, UPS, dan Mikrotik untuk mendukung ketersediaan akses internet di lokasi terpasang.

”Selain digunakan untuk mendukung fasilitas pendidikan/kesehatan internet dari VSAT tersebut dapat diakses masyarakat secara gratis melalui wifi di luar jam pelayanan sekolah,” katanya.

Ia mengatakan akses Wifi bahkan memiliki radius maksimal 50-75 meter dari lokasi VSAT terpasang.

"VSAT yang dipasang juga dilengkapi dengan solar panel karena keterbatasan pasokan listrik di lokasi," ujarnya.

Penjabat Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Mamberamo Raya dengan didampingi pimpinan OPD Pemprov Papua, Jumat.


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024