Sentani (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jayapura menyiapkan lima armada truk sampah guna mensukseskan pelaksanaan Hari Anak Nasional ke-40 yang digelar di Stadion Papua Bangkit pada 23 Juli 2024.

Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura Saverius Manangsang di Sentani, Jumat, mengatakan lima armada itu ditambah tenaga kebersihan mulai melakukan siaga sampah sejak 15 Juli 2024.

“Kami sudah mulai menjaga kebersihan atau siaga kebersihan sejak 15 Juli 2024 mulai dari Bandara Sentani hingga ke lokasi Stadion Papua Bangkit di Kampung Harapan Distrik Sentani Timur,” katanya.

Menurutnya, pada 21 Juli 2024 pihaknya sudah mulai melakukan pekerjaan malam atau penyisiran kebersihan di jalan protokol sejak pukul 02:00 WIT mulai dari Kemiri hingga wilayah Stadion Papua Bangkit karena rencana kunjungan Presiden RI Joko Widodo.

“Nanti pada pagi harinya hanya dua armada yang berpatroli sepanjang jalan protokol, dan saat itu juga dipastikan sampah-sampah di pinggir jalan sudah tidak ada lagi,” ujarnya.

Dia menjelaskan personel bidang kebersihan dan pertamanan yang disiapkan 150-200 orang untuk mengawal kebersihan menjelang HAN ke-40 2024.

“Kami berharap dengan dukungan tenaga kebersihan mampu mensukseskan HAN di Papua dari sisi kebersihan sehingga tamu yang datang akan terkagum-kagum tentang Kabupaten Jayapura,” katanya.

Dia menambahkan sementara untuk di dalam lokasi venue Papua Bangkit ada petugas kebersihan yang disiagakan, tetapi pihaknya tetap memberikan bantuan berupa dua unit truk sampah yang akan berjaga-jaga di luar stadion.

“Prinsipnya ketika panitia HAN ke-40 membutuhkan tambahan tenaga kebersihan kami siap membantu selama itu dibutuhkan guna membantu suksesnya penyelenggaraan kegiatan itu,” ujarnya.

Puncak HAN ke-40 2024 yang direncanakan digelar pada 23 Juli 2024 akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo dan didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta rombongan pejabat negara lainnya.

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024