Jayapura (ANTARA) - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Jayapura, Papua menggelar Festival Olahraga Anak Usia Dini dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2024 yang dipusatkan di Istora Papua Bangkit, Kabupaten Jayapura.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Jayapura Rocky Bebena di Jayapura, Selasa, mengatakan festival berlangsung di GOR Cenderawasih APO pada 22 Juli 2024.

"Ini merupakan program Kementerian Pemuda dan Olahraga RI untuk dalam rangka memperingati HAN," katanya.

Pihaknya menargetkan peserta festival olahraga anak usia dini, yakni berusia 4-6 tahun, sekitar 500 anak, meliputi 300 anak jenjang TK/PAUD, sedangkan 200 anak lainnya kategori umum, seperti utusan dari gereja dan masjid.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat untuk 300 anak di jenjang TK/PAUD, sementara untuk kategori umum dari orang tua ada pihak gereja bisa mendaftarkan mereka di Dispora Kota Jayapura," ujarnya.

Dia menjelaskan ada tujuh aktivitas gerak dalam festival itu, di antaranya tantangan dengan raket, boling, mendorong ban, dan zig zag ball.

"Kegiatan ini sebenarnya merupakan literasi fisik untuk menumbuhkan motorik anak untuk bergerak dalam setiap aktivitas," katanya.

Dia mengatakan festival akan dihadiri semua istri para menteri kabinet Presiden Joko Widodo.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024