Sentan (ANTARA) - Panitia lokal Hari Anak Nasional (HAN) ke-40 Kabupaten Jayapura menyebutkan sebanyak enam bus milik pemerintah daerah (Pemda) setempat digunakan untuk mengangkut pelajar dan orang tua untuk mensukseskan kegiatan itu di Istora Papua Bangkit, 23 Juli 2024.

Enam bus tersebut merupakan bus Pemkab Jayapura yang sehari-hari mengantar aparatur sipil negara (ASN) pergi dan pulang dari tempat kerja.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Jayapura Miryam Y Soumilena di Sentani, Minggu, mengatakan sebenarnya Kabupaten Jayapura memiliki delapan bus, tetapi dua sedang bermasalah sehingga hanya enam yang dapat digunakan.

“Kami sangat bersyukur sekali karena mendapat rekomendasi dukungan langsung dari pak penjabat bupati mengenai penggunaan bus,” katanya.

Dengan demikian, kata Miryam, penggunaan bus untuk hari anak nasional (HAN) ke-40 yang telah digunakan sejak tanggal 19 hingga 23 Juli 2024.

“Otomatis dengan penggunaan bus dalam kegiatan HAN ke-40 maka ASN yang akan pergi ke kantor menggunakan taksi, karena seluruh bus melayani para pelajar, guru dan orang tua,” ujarnya.

Dia menjelaskan sesuai surat edaran Bupati Jayapura bahwa menyambut HAN ke-40 di Papua aktivitas perkantoran berjalan seperti biasa.

“Perkantoran tetap berjalan atau tidak ada libur, sehingga tidak ada alasan pekerjaan tertunda karena HAN hingga pelayanan masyarakat terbengkalai,” katanya.

Dia menambahkan pihaknya juga telah menyurat ke Batalyon Infanteri 751/Vira Jaya Sakti untuk penambahan armada bus.

“Puji Tuhan ada tambahan kendaraan dari Batalyon Infanteri 751/VJS untuk membantu mengangkut pelajar pada puncak HAN ke-40,” ujarnya.

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024