Timika (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mimika Provinsi Papua Tengah menekankan pentingnya para pelajar tingkat SMU/SMK untuk sadar tentang pentingnya administrasi kependudukan (adminduk).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mimika Slamet Sutejo di Timika Kamis, mengatakan pihaknya menggelar sosialisasi adminduk bagi pelajar SMU, yang juga merupakan calon pemilih pemula pada penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024.

"Kami menyosialisasikan tentang pentingnya adminduk bagi pelajar SMU se kabupaten Mimika, setelah itu dilakukan perekaman KTP elektronik," katanya.

Menurut Slamet, kurang lebih ada 115 pelajar yang terlibat dalam sosialisasi ini, sekaligus dilakukan perekaman KTP elektronik.

"Jadi sambil kita melakukan sosialisasi tetapi juga melakukan perekaman KTP elektronik, agar nanti dapat dipergunakan saat pilkada juga," ujarnya.

Dia menjelaskan, KTP elektronik sangat penting bagi pelajar SMU/SMK karena nantinya akan dapat digunakan ke depannya saat melanjutkan pendidikan tinggi keluar daerah atau keluar negeri.

"Sosialisasi ini juga bertujuan untuk menjangkau pelajar yang belum memiliki KTP, yang wajib KTP yakni telah berusia 17 tahun," katanya lagi.

Dia menambahkan, Disdukcapil Kabupaten Mimika senantiasa inovatif dalam menjalankan tugas, demi menjawab kebutuhan masyarakat akan Adminduk

"Dokumen kependudukan seperti KTP sangat penting, saat ini untuk dapat memiliki KTP Dukcapil telah siap melayani," katanya lagi.

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024