Jayapura (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura, Papua menyatakan penanaman mangrove di wilayah pesisir bertujuan untuk mitigasi bencana seperti tsunami.

Kepala BPBD Kota Jayapura Asep Khalid di Jayapura, Sabtu, mengatakan daerah pesisir di daerah itu merupakan satu wilayah yang rawan terhadap bencana, sehingga dengan adanya penanaman mangrove akan sangat membantu dalam memitigasi bencana tsunami.

"Untuk itu kami memberikan apresiasi kepada semua pihak termasuk Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jayapura yang hari ini melakukan aksi penanaman bibit pohon mangrove di kawasan Teluk Youtefa," katanya.

Menurut Asep, salah satu fungsi ekologis dari mangrove yakni sebagai tempat hidup berbagai macam biota laut tetapi juga dapat menjadi objek wisata.

"Dengan demikian diharapkan semua pihak dapat melaksanakan penanaman mangrove di daerah pesisir," ujarnya.

Dia menjelaskan PMI Kota Jayapura merupakan salah satu mitra dalam penanggulangan bencana di daerah ini sehingga aksi penanaman bibit mangrove dapat terus dilakukan.

"Selain PMI, komunitas lingkungan hidup maupun semua pemangku kepentingan dan seluruh komponen masyarakat dapat bekerja sama untuk bagaimana melakukan pencegahan terhadap bencana salah satunya melalui penanaman mangrove," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya juga mengimbau kepada seluruh masyarakat di daerah itu agar tetap menjaga lingkungan tetap bersih karena itu dapat mencegah risiko bencana banjir.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024