Timika (ANTARA) - Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, menyatakan  perpustakaan merupakan salah satu wadah yang ikut mendukung meningkatnya sumber daya manusia (SDM) unggul Papua.

Kepala DPAD Kabupaten Mimika Dantje Nere di Timika, Senin, mengatakan  poin utama dalam visi misi pemerintah daerah ini yakni meningkatkan kualitas SDM.

"Untuk menerjemahkan visi misi tersebut maka DPAD pada 2024 ini membangun fasilitas perpustakaan daerah, yang diharapkan akan menjadi ikon pengetahuan Mimika," katanya.

Menurut Nere, kualitas SDM perlu didorong dengan adanya sarana dan prasarana pendukung, karena sudah menjadi tugas pemerintah untuk mempersiapkan generasi penerus pembangunan daerah.

"Mempersiapkan generasi penerus pembangunan daerah dimulai sejak dini, satuan pendidikan membekali melalui pendidikan formal dan kami melengkapi dengan koleksi buku-buku sebagai sumber pengetahuan yang tidak pernah mati," ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa pada visi misi Bupati dan Wakil Bupati Mimika Eltinus Omaleng dan Johannes Rettob sangat jelas menjabarkan poin utama yakni mengenai pentingnya menciptakan SDM yang unggul.

"Sudah menjadi kewajiban kami di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menerjemahkan visi misi bupati dan wakil bupati melalui program kerja," katanya.

Dia menambahkan bahwa pembangunan Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Mimika telah berlangsung sejak 16 Juli 2024 dengan target 160 hari kerja, serta menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Pusat sebesar Rp10 miliar.

"Saat ini pembangunan sedang berproses dan harapan kami dapat selesai tepat waktu dan bangunan ini menjadi ikon pengetahuan bagi Kabupaten Mimika," ujarnya.

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024