Jayapura (ANTARA) -
BPJS Kesehatan Cabang Jayapura berharap agar Pemerintah Daerah (Pemda) di Papua dapat meningkatkan kepesertaan dengan begitu masyarakat bisa merasakan manfaat dari Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).
 
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Deny Jermy Eka Putra Mase di Jayapura, Rabu, mengatakan pihaknya memberikan apresiasi atas kerja keras kepala daerah yang telah berhasil mencapai UHC di daerahnya masing-masing melalui program JKN.
 
"Oleh sebab itu kami sangat mengapresiasi kerja keras para kepala daerah dalam mendukung program JKN dengan terus meningkatkan kepesertaan," katanya.
 
Menurut Deny, untuk itu pada 2024 ini pihaknya akan menggelar UHC Award 2024 yang bertujuan untuk mendorong semangat para kepala daerah dalam meningkatkan kepesertaan, akses dan kualitas pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat.
 
"Penghargaan tersebut juga menjadi ajang evaluasi terhadap capaian program JKN di setiap daerah, serta sebagai motivasi untuk terus berupaya mencapai target UHC," ujarnya.
 
Dia menjelaskan terkait kriteria penilaian terhadap para penerima penghargaan UHC Award 2024 yang dilakukan berdasarkan beberapa kriteria, baik dari segi kepesertaan dan dukungan anggaran.
 
“Kriteria penilaian diberikan kepada pemerintah daerah yang telah mencapai cakupan kepesertaan lebih dari 95 persen dari jumlah penduduk dan kriteria realisasi dukungan anggaran oleh pemerintah daerah melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah," katanya.
 
Dia menambahkan melalui pemberian penghargaan ini diharapkan dapat semakin memperkuat sinergi dengan pemerintah daerah dalam mewujudkan cita-cita Indonesia Sehat.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024