Jayapura (ANTARA) - Penjabat Wali Kota (Walkot) Jayapura Christian Sohilait menyebut lomba berhitung matematika dan bahasa Inggris pada jenjang SD-SMA bertajuk Wali Kota Cup 2024 yang digelar Beyond Education Center untuk mencerdaskan anak bangsa di daerah ini.

"Suatu daerah, bahkan negara akan lebih maju dan berkembang jika sumber daya manusia cerdas dengan demikian tingkat kriminal juga akan sangat kecil terjadi. Maka Kota Jayapura lebih maju lagi maka anak-anak juga harus pintar," katanya di Jayapura, Sabtu.

Menurut Sohilait, lomba Bahasa Inggris dan Matematika merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan RI di mana melalui ajang ini juga pihaknya ingin menyiapkan kemampuan kemampuan anak-anak terutama pada bidang Matematika dan Bahasa Inggris terhadap dunia.

Dia menjelaskan antusias pelajar untuk mengikuti ajang tersebut sangat besar karena hampir 70 persen sekolah di Kota Jayapura yang terlibat dalam lomba tersebut.

"Sebanyak 114 sekolah di Kota Jayapura yang terlibat dengan total peserta sebanyak 952 siswa jenjang SD-SMA baik yang ada di Kota maupun Kabupaten Jayapura," ujarnya.

Ketua Panitia lomba Bahasa Inggris dan Matematika Wesly Baan mengatakan ajang tersebut merupakan yang VI yang diikuti oleh 952 peserta didik dari Kota dan Kabupaten Jayapura.

"Ini antusias yang sangat luar biasa dari peserta didik dan juga praktisi pendidikan di Kota dan Kabupaten Jayapura," katanya.

Dia menambahkan, ajang sebagai wadah kompetisi bagi peserta didik sehingga dapat menunjukkan prestasi yang bisa melampaui batas kepercayaan diri dan keberanian untuk meraih prestasi.

"Semangat belajar mereka harus terus dikobarkan sehingga menghasilkan generasi muda Papua yang cerdas dan memiliki wawasan yang luas," ujarnya.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024