Biak (ANTARA) - Komandan Kodim 1708/Biak Numfor Letkol Inf Marsen Sinaga menyebut, pawai Merah Putih dilakukan masyarakat bersama TNI/Polri menyambut Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia dapat menanamkan jiwa patriotisme pahlawan bagi anak muda di daerah setempat.

"Pawai Merah Putih hari ini berlangsung serentak di Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Supiori dan warga sangat antusiasme mengikuti pawai," kata Dandim Letkol Sinaga di Biak,Kamis.

Ia mengatakan, momentum perayaan hari Proklamasi Kemerdekaan RI menjadi sesuatu hal istimewa bagi rakyat dan bangsa Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

Karena di perayaan HUT Republik Indonesia, menurut Dandim Letkol Marsen, semua rakyat merayakan hari Kemerdekaan NKRI ke-79.

"Meskipun dengan acara sederhana menggelar pawai Merah Putih tetapi sangat berkesan Karena masyarakat diberikan edukasi untuk menghormati hasil perjuangan pahlawan nasional sehingga bangsa Indonesia terbebas dari penjajah," ujarnya.

Dandim berharap, melalui pawai Merah Putih ini memberikan makna bagi masyarakat akan pentingnya semangat persatuan dan kesatuan di tengah kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Dia mengatakan, selama pawai Merah Putih berlangsung mendapat simpatik masyarakat yang menonton di pinggir kiri kanan jalan dilalui peserta pawai.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Biak AKP M. Rumbrapuk mengatakan, adanya dukungan TNI/Polri terhadap pawai Merah Putih untuk terwujudnya sinergitas sesama aparat keamanan di Kabupaten Biak Numfor.

"Dengan kegiatan pawai Merah Putih diharapkan untuk memperkuat koordinasi dan komunikasi kerja dalam mewujudkan Biak aman, nyaman dan kondusif," tegasnya.

Kegiatan pawai Merah Putih melintasi Jalan Condro Negoro, Majapahit, Pramuka, Ahmad Yani,Yos Sudarso Mandala, Imam Bonjol.

Serta jalan Sisingamangaraja, kompleks Aru Lanal,Samau,Sorido,Yafdas, Sriwijaya, Majapahit dan finis di Makoramil Biak Kota.

 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024