Biak (ANTARA) - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Biak Numfor, Papua mengatakan, kegiatan lomba lari Pasifik Run 2024 yang digagas Kodim 1708 bisa dijadikan kalender tetap wisata tahunan daerah.

"Menjadi salah satu daya tarik wisata Pasifik Run karena banyak diikuti peserta dari luar Biak," ujar Kepala Dinas Pariwisata Biak Onny Dangeubun di Biak, Senin.

Ia mengatakan, untuk ke depan Pasifik Run selain peserta lari juga ditambah dengan kegiatan lain seperti bersepeda sambil bersih lingkungan.

Dispar Biak, menurut Onny, sangat terkesan dengan kegiatan Pasifik Run 2024 karena memberikan hiburan untuk masyarakat di Kabupaten Biak Numfor.

"Hal lain didapat dari Pasifik Run meningkatkan kunjungan wisatawan ke Biak dengan demikian dapat mendatangkan income pajak dan retribusi daerah," katanya.

Ia mengaku, pengaruh lain yang didapat dari ajang lari Pasifik Run menyediakan tempat bagi pengembangan atlet lari muda berbakat di Tanah Papua.

Dari data peserta lomba yang ikut Pasifik Run 2024, menurut Onny, mencapai 1.280 orang dengan peserta berbagai usia anak-anak, remaja dan dewasa.

"Dispar telah melakukan penilaian sementara ajang Pasifik Run bisa dilombakan setiap tahunnya dan dimasukkan menjadi kalender tahunan pariwisata daerah," kata Onny.

Sebelumnya, penggagas Pasifik Run 2024 yang juga Dandim 1708 Biak Letkol Inf Marsen Sinaga mengatakan, dirinya sangat senang jika event lomba lari Pasifik Run7Km yang digelar Kodim 1708 menyambut hari ulang tahun ke-79 Republik Indonesia diagendakan setiap tahun.

"Sebagai Dandim Biak saya mendukung Pasifik Run ditetapkan kalender tahunan wisata daerah," katanya.

Pada ajang Pasifik Run7Km 2024 menyediakan hadiah total Rp90 juta dengan kategori umum, pelajar dan TNI/Polri.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dispar: Pasifik Run jadi agenda tahunan pariwisata Biak

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024