Biak (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Biak Numfor, Papua mengerahkan 150 orang personel memperketat pemeriksaan masuk ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), termasuk pasangan calon Bupati Saint Mansnandifu dan calon Wakil Bupati Yohan Anthon Kho (Samako) harus melalui pemeriksaan metal detektor selama pendaftaran bakal calon pemilihan daerah (pilkada) 27-29 Agustus 2024.

"Setiap pengunjung yang masuk ke area kantor KPU dilakukan prosedur pemeriksaan barang bawaan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," kata Kepala Bagian Operasi Polres Biak AKP M.Rumbrapuk di sela pengamanan pendaftar pilkada Biak, Rabu.

Ia mengatakan seratusan personel Polisi dibantu Brimob telah bersiaga penuh membantu pengamanan dalam pelaksanaan tahapan pilkada serentak 27 November 2024.

Ia mengatakan, selain di kantor KPU pihaknya juga menyiagakan personel pengamanan Polres pada rangkaian deklarasi hingga pengawalan kendaraan peserta pilkada untuk pendaftaran menuju kantor KPU.

"Kami berikan atensi khusus untuk kendaraan membawa simpatisan pasangan calon bupati dan wakil bupati serta simpatisan pendukung paslon supaya lancar menuju KPU," katanya.

Jajaran Polres Biak, lanjut AKP Rumbrapuk, senantiasa memberikan kenyamanan dan keamanan untuk semua masyarakat di wilayah hukum Polres Biak Numfor.

Ia mengharapkan, semua elemen warga Kabupaten Biak Numfor untuk menjaga situasi keamanan ketertiban masyarakat dengan lancar dan kondusif.

Sebagai warga Biak Numfor yang baik, lanjut dia, senantiasa selalu mendukung terwujudnya situasi Kamtibmas Biak Numfor yang aman,damai dan kondusif.

"Pilkada damai menjadi harapan semua pihak yang terus kita gaungkan untuk memilih pemimpin daerah yang amanah," ujarnya.

Kabag Ops Polres AKP Rumbrapuk berharap setiap pengurus parpol sebagai pengusung dan calon Independen wajib menjaga keamanan di lingkungan setempat.

Hingga,Rabu (28/8) pukul 18.00 WIT satu pasangan calon Bupati Saint Benhur Mansnandifu bersama calon Wabup Yohan Anthon Kho (Samako) sudah mendaftar di KPU Biak diantar iringan musik suling tambur dan tarian Wor.

Paslon Samako dengan diusung koalisi perubahan untuk Biak Numfor terdiri Partai Nasdem,PAN,Garuda dan PKS mengawali deklarasi di lapangan Cenderawasih sebelum ke kantor KPU setempat.

Sedangkan situasi Kamtibmas Biak Numfor sangat kondusif karena semua tahapan pilkada serentak 2024 dapat berjalan lancar hingga selesai.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024