Biak (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Supiori, Papua, memprioritaskan layanan kesehatan tingkat pertama pada lima puskesmas dan rumah sakit umum daerah sebagai rujukan untuk mewujudkan Papua sehat.

"Lima Puskesmas wilayah distrik Aruri, Supiori Timur, Supiori Utara dan Supiori Barat dan Distrik Supiori Selatan dan satu rumah sakit umum daerah Supiori siap melayani kebutuhan kesehatan masyarakat di 38 kampung," ujar Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Supiori Hengky Mandosir di Sorindiweri, Ahad.

Ia mengatakan, untuk layanan kesehatan di fasilitas tingkat pertama Puskesmas diberikan kemudahan sehingga warga Supiori bisa berobat dengan menunjukkan nomor induk kependudukan (NIK).

Kemudahan pelayanan kesehatan masyarakat, kata dia, sebagai wujud nyata komitmen Pemkab Supiori pada pencapaian 98 persen Universal Health Coverage (UHC).

Jajaran Dinkes Supiori memastikan semua masyarakat Supiori miliki akses yang adil terhadap kesehatan.

"Dari sekitar 27 ribuan jiwa masyarakat Kabupaten Supiori hingga saat ini telah tercakup 98 persen dijamin mendapat layanan jaminan kesehatan nasional (JKN)," katanya.

Dinkes Supiori melalui puskesmas dan rumah sakit umum daerah akan melayani kesehatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitasi.

Hengky mengatakan Dinkes Kabupaten Supiori juga meningkatkan kualitas layanan kesehatan bermutu untuk warga di kampung dengan akses terjangkau.

"Pemkab Supiori lewat program kesehatan untuk semua masyarakat kampung terus meningkatkan pelayanan di Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah Supiori," sebut Hengky.*

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024