Sentani (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Jayapura, Papua,  mengimbau warga berhati-hati berkendara saat musim hujan seiring cuaca ekstrem hujan deras disertai angin kencang yang melanda daerah itu. 

Kapolres Jayapura AKBP Umar Nasatekay melalui Kasatlantas AKP Baharuddin Buton di Sentani, Kamis, mengatakan jalanan licin akibat hujan karena adanya material pasir di jalan bisa menyebabkan kecelakaan.

“Kami minta warga untuk meningkatkan kewaspadaan di jalan raya, dengan kendaraan yang dibawa kecepatan sedang untuk mencegah kecelakaan,” katanya.

Menurut Kasatlantas, kondisi cuaca seperti ini nampaknya akan berlangsung beberapa hari ke depan sehingga pengendara harus melengkapi kelengkapan kendaraan dengan baik.

“Sebelum bepergian ke kantor atau aktivitas apa saja supaya kelengkapan kendaraan, seperti kaca spion, rem, dan kondisi mesin, supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di jalan raya,” ujarnya.

Dia menjelaskan warga juga supaya mematuhi rambu-rambu lalu lintas, khususnya traffic light, supaya mencegah terjadinya kecelakaan.

“Masih banyak warga yang menerobos traffic light dan ini sangat berbahaya apalagi di musim, hujan sehingga pengendara harus lebih mematuhi rambu-rambu lalu lintas,” katanya.

Dia menambahkan personel Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Jayapura akan mengatur lalu lintas saat musim hujan, sehingga kelengkapan kendaraan seperti SIM, STNK, helm harus dibawa dan digunakan.

“Kami berharap kondisi hujan seperti ini tidak terjadi kecelakaan dan warga bisa beraktivitas dengan baik,” ujarnya.

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024