Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Supiori, Papua melalui Dinas Pertanian menggencarkan ketahanan pangan lokal dengan pengembangan program budi daya 10 ribu bibit tanaman keladi pada lahan seluas satu hektare di berbagai kampung setempat.

"Penanaman keladi untuk memenuhi kebutuhan makanan pangan lokal bagi masyarakat di kampung-kampung," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Supiori Ferra Wanggai M.Si di Sorindiweri, Kamis.

Ia mengaku dengan menanam keladi menghasilkan makanan lokal untuk mengurangi ketergantungan dengan beras di setiap rumah tangga.

Pada penanaman pertama bibit keladi, menurut Sekda Ferra, telah dilakukan di Kampung Sorindiweri dengan program tanam keladi seluas satu hektare.

"Antusias warga Kampung Sorindiweri menanam keladi dilakukan bersama dengan Penjabat Gubernur Papua Ramses Limbong," kata Sekda Ferra

Sekda Ferra berharap program ketahanan pangan lokal di Kabupaten Supiori bisa berhasil hingga dipanen pada kurun waktu enam bulan hingga sembilan bulan ke depan.

Sekda Ferra mengatakan jajaran Pemerintah Kabupaten Supiori memberikan apresiasi atas program ketahanan pangan lokal yang digencarkan Pemprov Papua di Kabupaten Supiori.

Salah satu warga Kampung Sorindiweri Supiori Oktovina menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Provinsi Papua dan Pemkab Supiori karena memberikan bantuan bibit tanaman keladi untuk masyarakat kampung.

"Menanam bibit keladi sebagai salah satu program strategis nasional untuk ketahanan pangan lokal bagi penduduk di Kabupaten Supiori," ujar Oktovina menanggapi Budi daya tanaman keladi.

Program penanaman keladi di Kabupaten Supiori diawali dengan pembukaan areal lahan satu hektare di Kampung Sorindiweri Distrik Supiori Timur.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024