Jayapura (ANTARA) - Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Papua Lipiyus Biniluk mengatakan ibadah akbar lintas agama merupakan momentum untuk menjaga perdamaian menjelang pilkada 2024.

"Pesan pentingnya ialah bagaimana kami bisa memelihara kerukunan dan kedamaian dalam masyarakat Papua yang terdiri dari berbagai suku dan agama," katanya saat rapat kordinasi panitia ibadah akbar lintas agama di Jayapura, Minggu.

Menurut Biniluk, pelaksanaan ibadah akbar tersebut akan berlangsung di Istora Papua Bangkit, Sentani, Kabupaten Jayapura pada Kamis (19/9).

Dia menjelaskan pihaknya berharap dalam kegiatan tersebut seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Provinsi Papua dan TNI-Polri dapat terlibat sebagai bentuk komitmen bersama dalam menjaga Papua tetap damai.

"Kami semua memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan menciptakan keamanan sehingga pilkada dapat berjalan dengan lancar," ujarnya.

Sementara itu, Wakapolda Papua Brigjen Pol Faizal Ramadhani mengatakan kegiatan ini bertujuan guna mendukung pilkada yang damai tetapi juga untuk menunjukkan Papua adalah daerah yang aman dan damai.

“Polda Papua siap mengerahkan sumber daya untuk memastikan pilkada berjalan lancar dan damai sembari memperkuat citra Papua sebagai 'surga kecil yang jatuh ke bumi'," katanya.

Dia menambahkan Polda Papua terus berupaya untuk mewujudkan Papua aman dan damai untuk dikunjungi sehingga pihaknya supaya semua pemangku kepentingan di Papua terus meningkatkan sinergi dalam menjaga daerah ini.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024