Timika (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Mimika Provinsi Papua Tengah menyatakan ada sebanyak enam Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang dikirimkan dari daerahnya telah mendapatkan penanganan khusus kejiwaan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Abepura Kota Jayapura, Papua.

Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika Petrus Yumte kepada ANTARA di Timika Selasa, mengatakan enam ODGJ tersebut dikirim pada tahun 2024, dan telah mendapatkan perawatan dan penanganan yang baik hingga kembali sehat.

“Kita di Mimika belum punya Rumah Sakit Jiwa atau tempat khusus untuk menangani ODGJ, sehingga harus dikirim ke Jayapura,” katanya.

Menurut Petrus, setelah keenam ODGJ itu dipastikan sehat, maka telah dikembalikan ke daerah dan telah diserahkan ke pihak keluarganya masing-masing.

“Jadi mereka enam orang ini telah menjalani perawatan dengan sangat baik di Jayapura dan dipastikan sudah sehat, sekarang mereka sudah kembali ke keluarganya,” ujarnya.

Dia menjelaskan pula, selanjutnya ada lagi dua pasien ODGJ baru yang dikirimkan  ke RSJ Jayapura untuk mendapatkan penanganan kejiwaan.

“Yang enam orang itu sudah sehat, sedangkan sekarang ada lagi dua pasien ODGJ baru yang telah dikirimkan lagi ke RSJ Jayapura,” katanya.

Dia menambahkan bahwa pihaknya berharap sinergisitas yang terbangun di dalam instansi pemerintah berwenang untuk menangani ODGJ di Mimika dapat terus dibangun guna menekan angka ODGJ di daerah ini.

“Harapan kami dengan sinergi yang baik antar-instansi dan penanganan yang tepat maka ODGJ dapat kembali sehat dan menjalani kehidupan normalnya,” ujarnya.


Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024