Jayapura (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Papua memperketat pengamanan Kantor Bawaslu Provinsi Papua guna mencegah gangguan keamanan dan ketertiban selama proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol.Ignatius Benny Ady Prabowo di Jayapura, Selasa, mengatakan pihaknya telah mengambil tindakan proaktif untuk memperkuat pengamanan di kantor bawaslu yang berperan penting dalam mengawasi seluruh tahapan pilkada di daerah itu.

"Kami berkomitmen menjaga keamanan dan integritas proses pemilu sehingga kantor bawaslu di seluruh wilayah Papua akan kami jaga secara optimal untuk mencegah potensi gangguan yang dapat menghambat jalannya pemilu," katanya.

Menurut Benny, pihaknya juga berkomitmen menjaga keamanan dan integritas proses pemilu sehingga kantor bawaslu di seluruh wilayah Papua akan dijaga secara optimal untuk mencegah potensi gangguan yang dapat menghambat jalannya pilkada.

"Sebagai langkah konkret kami memperbanyak personel keamanan tetapi juga Polda Papua bekerjasama dengan TNI dan aparat pemerintah daerah guna memastikan pengawasan ketat pada setiap titik yang dianggap rawan," ujarnya.

Dia menjelaskan Polda Papua siap mengatasi setiap situasi yang mungkin terjadi sebab pihaknya ingin memastikan bahwa pemilu berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

"Sehingga pengamanan ekstra dilakukan sebagai respons terhadap berbagai potensi ancaman yang mungkin timbul," katanya.

Dia menambahkan langkah ini merupakan bagian dari strategi Polda Papua untuk menjaga suasana kondusif selama periode pemilu dan membangun kepercayaan publik terhadap proses demokrasi yang sedang berlangsung.

"Kami berkomitmen untuk terus menjaga keamanan selama tahapan pilkada sehingga pesta demokrasi dapat berjalan dengan baik tanpa kendala," ujarnya.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024