Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Supiori, Papua telah memperkuat pembangunan sektor pariwisata dan perikanan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Paling Timur Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Potensi sumber daya alam di Kabupaten Supiori yang terdiri atas pulau dan daratan yakni pada sektor pariwisata dan perikanan daerah," ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Supiori Ferra Wanggai di Sorindiweri, Selasa.

Ia mengatakan, harapan Pemkab Supiori untuk pengelolaan sektor pariwisata dan perikanan dapat lebih maju berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat di daerah setempat.

Besarnya potensi pariwisata dan perikanan di Kabupaten Supiori, lanjut Sekda Ferra, supaya dapat dikelola dengan benar sehingga dapat meningkatkan perekonomian warga di kampung/desa

Disebutkan Ferra, untuk membantu meningkatkan pendapatan warga di daerah sekitarnya maka perlu dibuat program yang berkelanjutan untuk warga Supiori.

Melalui program aksi dari organisasi perangkat daerah Dinas Pariwisata dan Dinas Perikanan, lanjut Sekda Ferra, diharapkan dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat di 38 kampung dan lima distrik.

Dia menilai, peluang ekonomi di sektor pariwisata seperti penataan tempat wisata.

Sedangkan di sektor perikanan, lanjut dia, memberikan pendampingan sarana prasarana kelompok nelayan di Kabupaten Supiori.

Diakui Ferra, peluang sektor perikanan sangat menjanjikan ke depan jika bisa dikelola dengan baik.

"Ya tinggal sekarang bagaimana masyarakat memanfaatkan potensi menjadi sumber penghasilan warga," harap dia.

Kabupaten Supiori merupakan daerah pemekaran dari Kabupaten induk Biak Numfor yang dibentuk sesuai UU Republik Indonesia No 35 Tahun 2023 dengan ibu kota Sorindiweri.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024