Timika (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Mimika, Provinsi Papua Tengah, Valentinus Sudarjanto Sumito mengatakan inovasi menjadi kunci untuk kemajuan daerah di era globalisasi saat ini.

Valentinus Sudarjanto Sumito di Timika, Rabu, mengatakan inovasi menjadi kunci utama dalam meningkatkan daya saing, kualitas layanan publik dan untuk kemajuan suatu daerah.

"Seperti yang telah diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 38 tahun 2017 inovasi tidak hanya berkutat pada bidang teknologi, tetapi juga beberapa aspek pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan," katanya.

Menurutnya, inovasi daerah menjadi sangat krusial dalam menyikapi tantangan pembangunan saat ini, untuk itu pemerintah setempat perlu merancang dan mengimplementasikan inovasi yang efisien, transparan dan akuntabel.

"Pemkab perlu merancang dan mengimplementasikan inovasi yang dapat meningkatkan efisiensi, transportasi dan akuntabilitas," ujarnya.

Dia menjelaskan Kabupaten Mimika memiliki sumber daya alam yang kaya, memiliki banyak potensi tetapi belum tergali dengan secara optimal.

"Dengan inovasi yang terarah, kita dapat mengatasi berbagai kendala yang selama ini menghambat pembangunan, seperti keterbatasan infrastruktur, akses teknologi serta permasalahan sosial ekonomi," katanya.

Dia menambahkan inovasi daerah sangat penting guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperkuat daya saing daerah di level yang lebih tinggi.

"Kita perlu untuk bekerja keras menciptakan kebijakan-kebijakan inovatif karena berdasarkan data terbaru Kabupaten Mimika masih diperingkat bawah dalam hal daya saing," ujarnya.

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024