Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Jayapura menambah kapasitas jaringan internet 8-10 megabyte (MB) guna mensukseskan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Base Transceiver Station (BTS) milik Pemkab Jayapura terpasang di 19 distrik dukungan Bakti Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI baru 2 megabyte (MB).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon di Sentani, Kamis mengatakan saat ini BTS jaringan internetnya sangat terbatas hanya 2 MB.

“Untuk menyikapi keperluan Pilkada 2024 kami akan menyurat ke Bakti Kemkominfo untuk meningkatkan atau mengupgrade kapasitasnya dari 2 MB menjadi 8-10 MB,” katanya.

Menurut Griapon, peningkatan kemampuan jaringan internet sangat diperlukan untuk mensukseskan Pilkada Serentak 2024.

“Dengan kapasitas jaringan ditingkatkan maka petugas PPS, PPD, bisa mengirimkan data dalam bentuk foto dan video untuk laporan hasil pemungutan suara nanti,” ujarnya.

Dia menjelaskan saat ini jumlah keseluruhan BTS yang terbangun mencapai 190 titik di 139 kampung dan lima kelurahan Kabupaten Jayapura

“BTS ini ada dukungan dari Bakti (Kemkominfo) RI, Indosat, Telkomsel yang semuanya akan mendukung terselenggaranya Pilkada dengan sukses di Kabupaten Jayapura,” katanya.

Dia menambahkan sejauh ini dengan kapasitas jaringan 2 MB masyarakat sudah sangat terbantukan meski hanya telepon dan WhatsApp.

“Pilkada nanti kami berharap bisa memberikan kontribusi jaminan untuk petugas PPS, PPD dan keamanan bisa mengirimkan laporan Pilkada di 139 kampung dan lima kelurahan dengan baik tanpa tersendat,” ujarnya.

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024