Sentani (ANTARA) - Pemerintah pusat membantu kurang lebih 2.800 alat pertanian di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan guna mendukung swasembada pangan.

Bantuan itu merupakan aspirasi masyarakat yang dibantu Kementerian Pertanian RI melalui Komisi DPR RI.

Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Sulaeman L Hamzah di Sentani, Minggu mengatakan dukungan alat-alat pertanian di Kabupaten Merauke untuk mempercepat swasembada pangan khususnya padi.

“Memang kami mengakui Kabupaten Merauke yang dulunya masuk di Provinsi Papua sebelum dimekarkan menjadi Provinsi Papua Selatan kondisi alamnya sangat sesuai dengan untuk mengembangkan padi,” katanya.

Menurut Sulaeman, untuk mendukung para petani mengembangkan padi maka alat-alat pertanian seperti traktor berukuran besar, kecil diberikan kepada kelompok-kelompok tani di sana.

“Kami berharap dukungan alat pertanian dari Kementerian Pertanian RI turun ke masyarakat melalui aspirasi yang disampaikan kepada DPR RI bisa bermanfaat dan mampu meningkatkan hasil panen tahun ini,” ujarnya.

Dia menjelaskan bantuan sebenarnya juga diberikan bagi kelompok petani, nelayan di wilayah Papua lainnya seperti Kabupaten Biak Numfor, Supiori, Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Keerom.

“Pembagiannya sebenarnya merata untuk meningkatkan potensi kekhususan sumber daya alam di daerah tersebut sehingga masyarakatnya bisa sejahtera,” katanya.

Dia menambahkan nilai aspirasi yang diberikan pemerintah itu terbatas sehingga pihaknya berusaha semaksimal mungkin untuk dapat memperjuangkan sehingga mendapatkannya.

“Kami berharap masyarakat Papua melalui aspirasi yang diminta saat melakukan kunjungan kerja atau kunker dapat terealisasi meskipun sedikit tetapi bisa dirasakan manfaatnya,” ujarnya.


 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemerintah bantu 2.800 alat pertanian Merauke dukung swasembada pangan

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024