Biak (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kabupaten Biak Numfor, Papua menargetkan pada tahun ajaran 2024/2024 menargetkan 100 persen satuan pendidikan yaitu 167 Sekolah Dasar mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

"Ini menjadi harapan Disdik supaya setiap satuan pendidikan SD harus siap melakukan program nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi," ujar Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan John Sobuber S.STP di Biak,Rabu.

Ia mengaku, untuk ikut asesmen nasional maka setiap satuan pendidikan sekolah dasar harus punya jaringan internet.

Sedangkan untuk satuan pendidikan SD di luar kota Biak, menurut Sobuber, sebagian ada belum terakses jaringan internet sehingga diupayakan siswa untuk ikut asesmen di sekolah terdekat.

"Jajaran Dinas pendidikan terus mengupayakan setiap satuan pendidikan SD dapat merampungkan program ANBK sebagai bagian dari penilaian kualitas pendidikan dan rapor pendidikan sekolah bersangkutan," katanya.

Diakuinya, sebelum mengikuti asesmen nasional berbasis komputer para kepala sekolah telah diberikan pendampingan dari Dinas Pendidikan dan Kemendikbud Ristek.

Ia berharap, adanya dukungan dari kepala sekolah, dewan guru sekolah, para orang tua siswa untuk mewujudkan target 100 persen program ANBK satuan pendidikan SD di Kabupaten Biak Numfor.

Beberapa sekolah dasar Distrik Biak Kota dan Distrik Samofa telah menyiapkan diri untuk ikut program ANBK satuan pendidikan SD.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024