Sentani (ANTARA) - Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI memberikan bantuan satu unit mobil perpustakaan keliling kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua.

Bantuan mobil perpustakaan keliling itu telah diterima Penjabat Bupati Jayapura Semuel Siriwa dan langsung menyerahkannya kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jayapura Alpius Demena usai apel pagi di Kantor Bupati Jayapura, Senin.

Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Semuel Siriwa di Sentani, Selasa, mengatakan mobil perpustakaan keliling ini dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya di daerah-daerah terisolasi.

“Mobil ini sangat bermanfaat dalam menumbuhkan minat baca bagi generasi muda di Kabupaten Jayapura khususnya di kampung-kampung,” katanya.

Menurut Semuel, mobil perpustakaan keliling ini akan dijadwalkan dengan baik untuk pelayanan di 139 kampung dan lima kelurahan.

“Kami berharap melalui mobil perpustakaan keliling ini bisa menumbuhkan minat baca bagi generasi muda di Kabupaten Jayapura sehingga pengetahuan mereka terus meningkat,” ujarnya.

Dia menjelaskan dinas perpustakaan dan kearsipan akan bertanggung jawab mengorganisir penjadwalan pengoperasian mobil tersebut.

“Dinas harus menginformasikan lebih dulu supaya anak-anak ingin memperoleh pelayanan dari mobil ini dapat menunggu di lokasi yang telah ditentukan,” katanya.

Dia menambahkan mobil ini juga dilengkapi dengan jaringan internet sehingga anak-anak di kampung yang kesusahan mengakses internet bisa memanfaatkan mobil ini sebagai sarana pembelajaran.

“Kami berharap mobil ini difungsikan terus dalam melayani masyarakat terutama dalam menumbuhkan minat membaca sehingga dapat mencegah buta aksara,” ujarnya.

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024