Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua mengajak seluruh warga setempat untuk memaknai Hari Kesaktian Pancasila dengan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Penjabat Wali Kota Jayapura Christian Sohilait di Jayapura, Selasa, mengatakan sebagai anak bangsa harus terus menjaga nilai kebangsaan sebab itu merupakan warisan dan juga amanah.

"Sehingga kami harus menjaga dan mewaspadai setiap potensi yang akan mengganggu keamanan yang dapat memecah belah bangsa," katanya.

Menurut Sohilait, Hari Kesaktian Pancasila juga merupakan momentum untuk saling menjaga relasi guna mewujudkan Papua khususnya Kota Jayapura tetap damai.

"Apalagi pada November 2024 akan dilaksanakan pilkada serentak sehingga hubungan kerja sama antar sesama masyarakat harus dijaga dengan baik," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya berharap pemilihan kepala daerah juga menjadi momen untuk membangun Kota Jayapura menjadi lebih baik di masa mendatang.

Senada disampaikan Wakil Ketua I DPRD Kota Jayapura Joni Betaubun bahwa melalui Hari Kesaktian Pancasila pihaknya mengajak masyarakat dapat mempertahankan keutuhan NKRI tetapi juga menjaga tahapan pilkada berjalan aman dan damai.

"Kami juga mengajak agar masyarakat dapat menyalurkan hak suara saat pilkada karena itu akan menentukan pembangunan Kota Jayapura lima tahun ke depan," katanya.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024