Biak (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Biak Numfor, Papua mengatakan Puskesmas Biak Kota pada 2024 sudah terakreditasi paripurna dengan menyediakan sekitar 31 layanan kesehatan untuk masyarakat setempat.

Sekretaris Dinkes Biak Numfor Esau Leunufna di Biak, Jumat, mengatakan layanan Puskesmas Biak Kota terbagi dalam gedung di antaranya pemeriksaan umum, anak, gigi mulut, kesehatan ibu-anak, dan keluarga berencana.

"Serta layanan manajemen terpadu balita sakit imunisasi, konseling gizi, sanitasi serta kesehatan jiwa," ujarnya.

Layanan lain dalam gedung Puskesmas Biak Kota, kata dia, pemeriksaan volunteer conseling test (VCT) dan infeksi menular seksual, TB paru, rujukan, persalinan normal, dan gawat darurat (ruang tindakan).

Puskesmas Biak Kota juga melayani pemeriksaan kesehatan haji, kefarmasian, dan laboratorium.

Untuk pelayanan di luar gedung, ujarnya, usaha kesehatan masyarakat esensial terdiri atas promosi kesehatan ibu dan anak, gizi, pencegahan dan pengendalian penyakit, dan kesehatan lingkungan.

Selain itu, katanya, penyakit tidak menular, kesehatan jiwa, lanjut usia, kesehatan keselamatan kerja, kesehatan tradisional kompleks serta kesehatan kerja dan olahraga.

"Dinkes terus mendorong layanan kesehatan Puskesmas Biak Kota lebih baik sesuai dengan status akreditasi paripurna," katanya.

Berdasarkan data, Kabupaten Biak Numfor telah memiliki 21 puskesmas tersebar di 19 distrik dengan semua telah terakreditasi madya, utama, dan paripurna.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024