Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua mengharapkan pedagang di pasar sentral daerah ini untuk meningkatkan kesadaran membuang sampah.

Hal ini menyusul banyak sampah berhamburan di pasar Pharaa Sentani padahal bak penampungan sampah telah disediakan.

Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Semuel Siriwa di Sentani, Rabu, mengatakan kebersihan itu merupakan bagian dari iman setiap orang yang percaya terhadap Tuhan.

“Kebersihan itu bukan untuk pemerintah atau siapa pun tetapi akan kembali berdampak kepada pedagang karena akan merasa nyaman saat berjualan,” katanya.

Menurut dia, bak penampungan sampah telah disediakan oleh Dinas Lingkungan Hidup sehingga ini harus diperhatikan pedagang.

“Pedagang juga harus saling membantu dengan petugas kebersihan di lapangan supaya pasar itu bersih dan pembeli akan nyaman berbelanja,” ujarnya.

Dia menjelaskan, petugas kebersihan sudah terjadwal melakukan pembersihan di jalan-jalan protokol maupun pasar sehingga ini harus didukung penuh pedagang.

“Pasar kalau bersih pasti menarik pembeli untuk datang berbelanja karena mereka merasa nyaman tidak ada bau yang mengganggu kenyamanan mereka,” katanya.

Dia menabahkan pihaknya telah memanggil penanggung jawab pasar melalui organisasi perangkat daerah (OPD) teknis untuk membuat Pasar Pharaa sebersih dan senyaman mungkin.

“Kita harus bersama-sama menjaga Pasar Pharaa karena pasar ini merupakan bantuan dari presiden bagi masyarakat atau pedagang di Kabupaten Jayapura untuk mendapatkan tempat berjualan yang representatif,” ujarnya.

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024