Jayapura (ANTARA) -
Sebanyak 123 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua meningkatkan keterampilan pengelolaan website dan media sosial sebagai bentuk transparansi dan keterbukaan informasi di Bumi Cenderawasih.
 
Kepala Dinas Kominfo Pemprov Papua Jery Agus Yudianto di Jayapura, Rabu, mengatakan kegiatan pelatihan ini harus dilakukan agar setiap instansi dapat menyampaikan kinerja kepada publik.
 
"Oleh sebab itu kami berharap agar ke depan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat mengelola medianya secara mandiri karena ini penting meningkatkan transparansi," katanya.
 
Menurut Jery, salah satu materi pengelolaan website adalah bagaimana cara pembuatan rilis yang dibawakan oleh Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Papua Hendrina Dian Kandipi sehingga nantinya dapat diterapkan di pemerintahan.
 
"Untuk itu OPD harus memiliki website sehingga kinerja pemerintah provinsi Papua bisa diakses oleh masyarakat sehingga pelatihan ini harus dilakukan," ujarnya.

Dia menjelaskan selain menulis rilis pihaknya juga memberikan materi tentang dasar fotografi serta desain sehingga menjadi pengetahuan bagi para ASN untuk bagaimana cara pengambilan foto untuk berita website dengan begitu pesan yang ingin disampaikan bisa lebih kuat.
 
"Dengan begitu transparansi publik di Pemprov Papua akan semakin baik karena masyarakat berhak tau apa yang telah dikerjakan," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya berharap ke depan Pemprov Papua bisa tumbuh bersama di tengah infrastruktur di Papua.

Sekadar diketahui, sebelumnya Pemprov Papua menggelar Sosialisasi serta Bimbingan Teknis (Bimtek) Content Management System (CMS) dan pengelolaan media sosial yang bertempat Aula Dinas Komunikasi dan Informatika Papua di Kota Jayapura, Rabu (23/10).

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024