Kabupaten Jayapura, Papua (ANTARA) - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Jayapura, Papua, mencatat ikan hasil tangkapan nelayan di daerah itu selama triwulan I-III atau Januari-September 2024 mencapai sebanyak 287.963 kilogram (287,96 ton).

Kepala Bidang (Kabid) Perikanan Tangkap DKP Kabupaten Jayapura Enos Worumi di Sentani, Kamis, mengatakan ikan hasil tangkapan kelompok nelayan di Teluk Kamsay Distrik Demta terus mengalami peningkatan.

“Data yang kami peroleh tangkapan ikan Kelompok Nelayan Demta triwulan I Januari (33.902 kg, rata-rata per hari 1.094 kg), Februari (55.002 kg, rata-rata per hari 1.897 kg), Maret (38.278 kg, rata-rata per hari 1.235 kg),” katanya.

Sementara untuk triwulan II April (38.097 kg), Mei (18.365 kg), Juni (16.320 kg) dan triwulan III Juli (20.154 kg), Agustus (29.970 kg), September (37.875 kg).

“Hasil tangkapan ikan kelompok nelayan sekaligus pembelian dari PT SEA terus membaik kecuali saat musim gelombang atau cuaca ekstrem agak menurun,” ujarnya.

Dia menjelaskan dukungan peralatan terus diberikan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten bagi kelompok nelayan dalam menunjang hasil tangkapan ikan.

“Tujuan kami pemerintah hanya satu, bagaimana masyarakat bisa hidup sejahtera dengan kerja keras yang dilakukan dengan sedikit sentuhan bantuan pemerintah,” katanya.

Dia menambahkan kemandirian dalam rangka meningkatkan kesejahteraan perlu dilakukan sehingga masyarakat khususnya OAP bisa hidup dengan baik dan layak di atas kekayaannya.

“Kami rutin turun ke lapangan sekaligus dalam pendampingan sehingga ada keluhan setiap kelompok nelayan dalam mencari ikan dapat segara dicarikan solusi serta aktivitas melaut tetap berlanjut,” ujarnya.

Jenis ikan berkualitas ekspor yang dibeli atau dikepul oleh PT Samudera Eon Anugerah yakni tuna, ekor kuning dan cakalang.

PT Samudera Eon Anugerah berlokasi di Demta dan sejak beberapa tahun terakhir sebagai perusahaan penangkapan ikan tetapi juga sebagai pengepul hasil tangkapan ikan bernilai ekspor bagi nelayan OAP di Distrik Demta, Kabupaten Jayapura.


Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024